Pages
Gunadarma
"
Banner Link Gunadarma
".
Followers
Search
Struktur Pasar
struktur pasar pada prinsipnya berarti mengelompokan produsen atau perusahaan yang terdapat didalam industri kedalam beberapa bentuk pasar berdasarkan:
- jenis barang yang dihasilkan
- banyaknya jumlah perusahaan dalam industri
- mudah tidaknya keluar masuk dalam industri
- peranan iklan dalam kegiatan industri
Jadi setiap proses yang mempertemukan antara pembeli dan penjual, maka akan membentuk harga yang disepakati antara pembeli dan penjual.. Dibagi kedalam beberapa bagian yaitu:
- Pasar persaingan sempurna: Jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang banyak dan produk yang dijual bersifat homogen.
- Pasar persaingan tidak sempurna yang terdiri atas:
- Pasar monopoli: Hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar.
- Pasar oligopoli: Pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
- Pasar duopoli: Memiliki karakteristik yang sama dengan oligopoli, namun pada Pasar duopoli hanya ada dua perusahaan.
- Pasar persaingan monopolistik Bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek.
- Pasar monopsoni Jenis pasar dimana hanya ada satu pembeli.
- Pasar oligopsoni adalah bentuk pasar dimana barang yang dihasilkan oleh beberapa perusahaan dan banyak perusahaan yang bertindak sebagai konsumen.
Pasar persaingan sempurna adalah pasar dimana :
Jumlah produsen banyak
Volume produksi setiap produsen hanya merupakan bagian yang kecil dari volume transaksi total di pasar.
Produknya homogen
Informasi pasar sempurna
Mobilitas faktor produksi sempurna.
Aplikasi :
Produsen
Secara indivigual tidak dapat mempengaruhi harga,
Harga ditentukan oleh pasar,
Produsen sebagai price maker,
Kurva sejajar sumbu horizontal.
Dalam pasar persaingan sempurna, keputusan mengenai jumlah output perusahaan secara individual tidak bisa mempengaruhi tingkat harga, dan untuk keputusan mengenai penentuan harga, kurva permintaan menggambarkan secara horizontal, olehkarena itu harga dianggap konstan, berapapun output yang dihasilkan. Dengan demikian maka laba total akan didapat pada saat: MR = P = MC sepanjang P > AVC.
MONOPOLI
Ciri - ciri:
Hanya ada satu penjual.
Close Substitute Output.
Ada halangan bagi perusahaan lain untuk memasuki.
Sebab – sebab timbulnya monopoli :
Penguasaan bahan mentah yang bersifat strategis.
Hak patent.
Terbatasnya pasar dibandingkan dengan skala produksi minimum.
Adanya lisensi dari pemerintah.
Pada monopoli maka kurva permintaan = kurva MR sehingga P = AR dengan demikian maka :
Keseimbangan akan terjadi bila MR = MC
Laba maksimal akan terjadi bila P > AR
BEP kan terjadi bila P = AR
Rugi minimal akan terjadi bila P < AR
Pasar biasanya dibagi kedalam beberapa jenis, yaitu
Pasar persaingan sempurna
Pasar persaingan tidak sempurna, yang biasanya ada beberapa jenis lagi diantaranya :
Pasar monopoli
Pasar oligopoly
Pasar monopolistik
Pasar duopoly
Referensi
http://www.oc.its.ac.id/ambilfile.php?idp=1677
http://id.wikipedia.org/wiki/Struktur_pasar
http://indah11108009.wordpress.com/2010/04/08/struktur-pasar/
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Postingan Blog
Kategori
- Bahasa Indonesia (17)
- Ilmu Sosial Dasar (7)
- Rangkuman Ilmu Budaya Dasar (11)
- Teori Organisasi Umum 2 (8)
- Tugas Ilmu Budaya Dasar (10)
About Me
- Hasan
- Gw tuh orangnya gk neko-neko, and suka apa adanya bukan ada apanya....!!! ^_^
0 komentar:
Posting Komentar